Contoh data berat badan dalam bentuk diagram batang

Satu data tunggal dapat di sajikan dalam bentuk diagram 1.

'+relatedpoststitle+'

Coba Anda amati grafik tersebut, kemudian tentukan berat badan bayi pada usia 5,5 bulan. Nyatakan data di atas dalam bentuk diagram batang. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut ini. Tujuan dari penyajian data adalah untuk mempermudah pembaca dalam melihat data.

Tepi atas 67,5; 70,5; …; 82,5 atau tepi bawah 64,5; 67,5; …; 79,5 diletakkan pada sumbu X sedangkan frekuensi kumulatif kurang dari atau frekuensi kumulatif lebih dari diletakkan pada sumbu Y. Contoh lain misalnya data korban kecelakaan lalu lintas dari kantor polisi lalu lintas.

Dari soal di atas dapat dibuat seperti berikut. Perhatikan proses penyajian data dalam bentuk lingkaran dalam derajat dan persen yang akan dibahas di bawah. Daftar Berat Badan 60 siswa SMP N 1 Sukaraja 43, 40, 42, 42, 43, 44, 41, 44, 43, 42, 42, 43, 41, 40, 40, 44, 41, 40, 42, 42, 44, 43, 40, 40, 43, 44, 44, 41, 41, 41, 41, 42, 43, 44, 43, 43, 41, 43, 41, 42, 43, 41, 43, 42, 43, 41, 43, 44, 41, 43, 42, 42, 42, 42, 44, 43, 42, 42, 43, Bagian-bagian dari daerah lingkaran menunjukkan bagian bagian atau persen dari keseluruhan.

Tinggi batang pada cabe adalah 3. Histogram Dari suatu data yang diperoleh dapat disusun dalam tabel distribusi frekuensi dan disajikan dalam bentuk diagram yang disebut histogram.

Penyajian Data Diagram dalam Bentuk Batang

Perhatikan contoh berikut ini. Membuat Gambar Diagram bentuk Batang Lakukan dan diskusikan kegiatan ini secara berkelompok. Misalkan, dari gambar grafik Contoh soal 2.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh soal berikut.

Penyajian Data: Diagram Lingkaran, Batang, Garis

Bagian-bagian dari daerah lingkaran menunjukkan bagian bagian atau persen dari keseluruhan. Misalkan, dari gambar grafik soal 2.

Diagram Lingkaran Contoh Soal Ranah privat pengaduan dari koran Solo Pos pada tanggal 22 Februari ditunjukkan seperti tabel berikut: Penyelesaian Data tersebut dapat disajikan dengan diagram batang sebagai berikut. Dalam contoh sebelumnya memuat enam interval ini.

Diagram bentuk batang dari data pendaftaran mobil bentuk batang tegak Berapakah kenaikan pendaftaran kendaraan selain mobil dari Januari sampai dengan April ? Daftar bilangan yang mempunyai satuan sama di sebut data tunggal, misal: Contoh lain misalnya data korban kecelakaan lalu lintas dari kantor polisi lalu lintas.

Membaca Diagram bentuk Batang Gambar Diagram bentuk batang pada soal dibawah ini menunjukkan data pendaftaran mobil dan total kendaraan selama 6 bulan pertama pada tahun di suatu negara.

Titik Tengah Untuk mencari titik tengah dapat dipakai rumus: Dari diagram tersebut dapat dilihat bahwa berat badan bayi menurun pada usai 8 sampai 9 bulan. Berdasarkan contoh di atas dapat dibuat poligon frekuensinya seperti gambar berikut ini.

Pada pembuatan histogram digunakan sistem salib sumbu. Sedangkan ogive turun apabila berdasarkan distribusi frekuensi kumulatif lebih dari.

Keseluruhan objek yang diteleti disebut populasi sedangkan bagian dari populasi disebut sampel. PenyelesaianHistogram dan poligon frekuensi dari tabel di atas dapat ditunjukkan sebagai berikut.

Daftar distribusi kumulatif lebih dari menggunakan tepi bawah.

Dalam contoh sebelumnya memuat enam interval ini. Dalam kesempatan ini akan kami berikan sekilas tentang cara menyajikan suatu data, baik dari data acak, maupun tabel. Contoh SoalHasil pengukuran berat badan terhadap siswa SMP X digambarkan dalam distribusi bergolong seperti di bawah ini.

Lebih jelasnya perhatikan contoh soal berikut. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut ini. Tinggi batang pada bawang putih adalah 8. Perhatikan contoh berikut. Penyajian Data: Langkah-langkah untuk membuat diagram lingkaran adalah sebagai berikut.Diagram batang biasanya digunakan untuk menggambarkan data diskrit (data cacahan).

Diagram batang adalah bentuk penyajian data statistik dalam bentuk batang yang dicatat dalam interval tertentu pada bidang cartesius. semua batang-batang diagram harus berdiri pada sumbu mendatar sama (untuk diagram bentuk batang tegak).

Contoh Soal 2: Membaca Diagram bentuk Batang Gambar Diagram bentuk batang pada soal dibawah ini menunjukkan data pendaftaran mobil dan total kendaraan selama 6 bulan pertama (pada tahun ) di suatu negara. Dalam penyajian data dengan diagram batang, data di sajikan dalam bentuk batang yang berbentuk persegi panjang yang di gambarkan vertikal atau horizontal dengan lebar sama.

Contoh: b. Diagram batang adalah bentuk penyajian data statistik dalam bentuk batang yang dicatat dalam interval tertentu pada bidang cartesius.

Ada dua jenis diagram batang, yaitu diagram batang vertikal, dan. Contoh Soal Hasil pengukuran berat badan terhadap siswa SMP X digambarkan dalam distribusi bergolong seperti di bawah ini.

Sajikan data tersebut dalam histogram dan poligon frekuensi. Sajikan data tersebut dalam histogram dan poligon frekuensi. · Penyajian dalam bentuk gambar grafik atau diagram dapat lebih menjelaskan lagi persoalan secara visual.

Diagram batang (histogram) adalah gambaran mengenai suatu distribusi frekuensi, dimana untuk setiap kelas dinyatakan dalam skala horizontal (datar) dan frekuensinya dalam skala vertical (tegak); atau sebaliknya.

Contoh data berat badan dalam bentuk diagram batang
Rated 0/5 based on 14 review