Jurnal diet ketoasidosis ada anak

Terapi insulin Semua anak dengan diabetes mellitus tipe 1 memerlukan terapi insulin. Ketosis menggambarkan keadaan metabolik dimana tubuh mengubah simpanan lemak menjadi energi dan melepaskan keton dalam prosesnya. Selain dari penyakit dasar, kondisi KAD dapat menyebabkan gejala gastrointestinal muncul, seperti mual, muntah dan nyeri perut.

Oleh karena itu pemeriksaan kadar beta hidroksibutirat dalam darah juga diperlukan untuk melihat tingkat keparahan KAD. Keton adalah produk sampingan dari proses ini.

jurnal penelitian diabetes ketoasidosis pdf

Tanda dan gejala yang timbul pada kejadian KAD disebabkan oleh kondisi defisiensi insulin secara relatif maupun absolut yang kemudian menyebabkan peningkatan counter-regulatory hormones katekolamin, glukagon, growth hormon, dan kortisol.

Selanjutnya, dari pernapasan, pasien yang sudah mengalami kondisi asidemia akan melakukan kompensasi dengan meningkatkan kecepatan pernapasannya sehingga timbul pernapasan yang cepat dan dalam atau kita mengenalnya sebagai pernapasan kussmaul. Diet seperti ini disebut diet ketosis atau diet ketogenik.

Dari hasil jurnal sebelumnya didapatkan hasil bahwa pemberian cairan kristaloid NS Normal Saline yang berlebihan dan terus menerus dapat menyebabkan asidosis hiperkloremik, untuk itu perlu diberikan cairan kristaloid yang elektrolitnya seimbang dengan kesamaan komposisi plasma dan menurunkan terjadinya perubahan biokimia dalam elektrolit.

Patofisiologi Dari hasil jurnal sebelumnya didapatkan hasil bahwa pada saat terjadi defisiensi insulin, peningkatan level glukagon, katekolamin dan kortisol akan menstimulasi produksi glukosa hepatik melalui mekanisme peningkatan glikogenolisis dan glukoneogenesis. Ketosis DM dan Diabetes Mellitus Pada pasien diabetes, ketosis dapat terjadi karena tubuh tidak memiliki jumlah insulin yang cukup untuk memproses glukosa dalam tubuh.

Diet ketogenik juga telah digunakan di bawah pengawasan medis untuk mengurangi kejang pada anak dengan epilepsi yang tidak respon dengan bentuk terapi lainnya. Pada pemberian cairan resusitasi, kita perlu memperhatikan beberapa kondisi yang mungkin muncul antara lain adalah edema cerebral dan respiratory distress syndrome.

Pada kasus dilaporkan An. Bila pH naik kalium akan turun, oleh karena itu pemberian natrium bikarbonat disertai dengan pemberian kalium. Sementara itu, gula darah dari kapiler perlu diperiksa pada jam ke-0, ke-1 dan ke-2 sejak pasien datang dan setiap jam pada saat pemberian insulin drip.

Cara pemberian tergantung skema pengobatan yang dipergunakan. Penatalaksanaan ketoasidosis diabetik. Walaupun Anda tidak menjalankan diet ketogenik, kondisi ketosis pun mungkin sering Anda alami.

Pada kondisi ini, tubuh menghasilkan banyak sekali zat keton sampai bisa mengubah pH darah menjadi lebih asam. Akibatnya, kadar gula darah terus tinggi dan produksi zat keton juga tinggi.

Anoreksia, mual, muntah, dan nyeri perut lebih sering pada anak-anak dapat dijumpai dan ini mirip dengan kegawatan abdomen. Lemak jahat yang masuk ke tubuh cenderung akan meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh.

KAD merupakan akibat dari defisiensi insulin berat yang menyebabkan gangguan metabolisme protein, karbohidrat dan lemak Gonce, Olahraga juga merupakan aspek penting dari manajemen diabetes.

Etiologi Ketoasidosis diabetik KAD disebabkan oleh kekurangan insulin baik relative maupun mutlak, yang berkembang dalam periode beberapa jam atau hari. Ketoasidosis biasa terjadi pada orang dengan diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2sehingga kondisi ini juga dikenal dengan ketoasidosis diabetik.

Tanda dan gejala menurut Stillwell Artinya, jangan membatasi asupan karbohidrat Anda secara berlebihan atau tidak makan karbohidrat sama sekali. Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan Malaise tidak spesifik DIAGNOSIS Glukosa darah Tes glukosa darah menggunakan sampel darah kapiler, reagen stick, dan glukometer adalah metode yang biasa untuk memantau kontrol diabetes sehari-hari.

PENATALAKSANAAN KAD DAN DM TIPE 1 PADA ANAK USIA 15 TAHUN

Karenanya, lebih banyak lemak yang terbakar dalam tubuh. Penekanan juga diberikan pada penyesuaian gaya hidup diet dan olahraga. Dari pasien juga dapat tercium fruity odor.Moelyo AG. Mengenal Diabetes Melitus tipe-1 pada Anak.

Penjelasan Tentang Ketosis dan Ketoasidosis

Ilmu Kesehatan Anak. Fakultas Kedokteran UNS. [accesed on ]. Correspondence from The New England Journal of Medicine — Ketoacidosis during a Low-Carbohydrate DietCited by: Berikut ini adalah Kumpulan Contoh Penulisan Jurnal Ilmiah Pdf yang merupakan kumpulan file dari berbagi sumber Jurnal, tentang jurnal ketoasidosis diabetik pdf.

tatalaksana ketoasidosis diabetik pada anak & remaja melalui pembahasan pengalaman klinis dengan didahului serangkaian kegiatan berupa pre-test, diskusi, role play. Didukung dari hasil jurnal lain yang menyebutkan bahwa ketoasidosis diabetik merupakan komplikasi akut diabetes militus Tipe-1 yang paling serius dan merupakan kondisi gawat darurat yang disebabkan oleh penurunan kadar insulin efektif didalam tubuh atau berkaitan dengan resistensi insulin dan disertai peningkatan produksi hormon-hormon.

Kata Pengantar Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, sehingga penyusunan buku “Mengenal Kasus-kasus Endokrin Anak ” dapat diselesaikan.

Jurnal diet ketoasidosis ada anak
Rated 4/5 based on 89 review